Cara Membuat Blog secara Sederhana

Written By Admin on Wednesday, June 22, 2011 | 3:38 AM

Bagi sobat yang ingin membuat blog, sobat dapat memulainya dengan cara yang sederhana. Bagi yang sudah mahir ngeblog mungkin ini sudah merupakan cara yang teramat mudah, namun bagi seorang pemula, info ini akan sangat berarti sebagai langkah awal untuk menjadi seorang Blogger.

Apa saja fungsi sebuah blog? Yang jelas, sangat banyak sekali. Sobat bisa menggunakannya untuk menulis artikel tentang hobi, bisnis, edukasi, berita terkini, koleksi film, tips & trik, peristiwa unik, puisi, humor, dan banyak lagi. Terserah sobat mau menulis apa.

Mari langsung aja kita bikin blognya.

Caranya cukup mudah. Pertama bukalah http://blogger.com, kemudian klik "Get Started"


Isi formulir seperti pada gambar di bawah ini. Isikan alamat email, password, nama tampilan (sebagai nama penulis), jenis kelamin, ulang tahun, dan ketik tulisan pada verifikasi kata pada kolom yang tersedia, beri centang pada penerimaan persyaratan, lalu klik "LANJUTKAN"


Setelah itu beri nama Blog yang hendak sobat buat. Beri judul dan alamat blog yang sobat inginkan. Jangan lupa cek ketersediaan pada alamat blog. Lalu klik "LANJUTKAN"

Pilih template yang sobat inginkan. Ini adalah template awal untuk pertama kalinya blog dibuat. Nantinya sobat bisa mengganti template lain yang lebih beragam pilihannya. Setelah ada template yang terpilih, klik "LANJUTKAN"

"SELAMAT ea" Blog sobat udah jadi. Bila ingin langsung mulai menulis artikel, klik "MULAI BLOGGING"

Seperti pada screenshoot di bawah ini, sobat dapat menulis artikel yang sobat kehendaki. Berilah judul untuk menggambarkan isi artikel tersebut. Berilah juga label untuk artikel yang ditulis. Label itu semacam folder untuk mengklasifikasikan jenis artikel. Misalnya pada label ditulis "koleksi musik" yaitu untuk semua artikel yang isinya tentang koleksi musik.

Ketika sobat sudah menulis artikelnya, jika ingin melihat hasilnya sebelum diterbitkan, klik saja "PRATINJAU". Dan kalo sudah mantap, langsung aja klik "TERBITKAN ENTRY"

Setelah terbitkan entry, sobat bisa segera melihat hasilnya. Klik gambar kotak'an seperti yang aku lingkari warna merah di bawah ini untuk melihat hasil postingan di tab baru pada browser. Bila ada yang ingin dirubah isi artikelnya, klik aja "Edit Entry"

Sesederhana itu dalam membuat blog. Anggap aja tiap postingan sebagai update status seperti facebook. Makin sering posting akan semakin bagus, apalagi bila sobat ingin berburu uang melalui blog. Dan lebih bagus lagi bila tiap postingan fokus dengan tema/judul blog.

Banyak manfaat bisa kita temukan dalam internet, salah satunya adalah Blog. Kita bisa berbagi aneka macam info. Bahkan bisa menghasilkan dollar dari internet. Ini adalah kegiatan online yang sangat bermanfaat.

Selamat mencoba membuat blog secara sederhana. Semoga info ini bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment