Cara Membuat Email dengan Gmail

Written By Admin on Saturday, June 11, 2011 | 2:15 AM



Dalam berinternet, email merupakan kebutuhan penting yang sangat banyak sekali dipakai untuk melancarkan aneka kegiatan online. Bila sobat ada yang belum bisa bikin email, berikut akan aku tunjukkan cara mudahnya dalam membuat email.

Terdapat banyak layanan email gratis di internet. Ada YahooMail, HotMail, GMail, HoakMail.co.uk, Mail.com, Fuser.com dan lain sebagainya. Di sini aku akan memberikan panduan cara membuat email dengan Gmail.

Gmail merupakan layanan email gratis. Sobat akan mendapatkan space gratis sebesar 7GB lebih dan akan makin bertambah terus ruang gratisan ini dari detik ke detik.

Sekarang langsung aja kita menuju cara pembuatan email.
Caranya sangat mudah. Pertama kunjungi http://gmail.com kemudian klik "Buat Akun" seperti pada gambar berikut.


Setelah itu, isi formulir berikut dengan lengkap. Masukkan nama depan, nama belakang, nama login, sandi yang diinginkan, pilih pertanyaan keamanan dan isi jawabannya, pilih lokasi, tulis tanggal ulang tahun, dan isi kolom Verifikasi Kode sesuai tulisan yang tertera.


Nama login misalnya kokganteng@gmail.com nantinya akan menjadi alamat email sobat. Jangan lupa cek ketersediaan sampai menemukan nama email yang sesuai keinginan. Sedangkan password minimal 8 huruf, dan itu rahasia, hanya sobat yang punya email yang boleh tau. Setelah formulir sudah terisi semua, sekarang klik "Saya menerima, Buat akun saya"

Bila belum berhasil, diulangi sekali lagi. Mungkin ada beberapa kesalahan dalam mengisi formulir, misalnya tulis verifikasi kodenya salah, ato sandi yang ditulis ulang tidak sama.

Bila sudah berhasil, sobat akan dibawa ke halaman seperti berikut, lalu klik "Tunjukkan akun saya"


Nah, sekarang email sobat sudah jadi. Sobat bisa langsung menggunakan GMail untuk mengirim pesan, menerima pesan, chatting, maupun digunakan untuk mendaftar facebook dan akun situs-situs lain yang memerlukan alamat email. Jangan lupa alamat email dan passwordnya, harus diingat betul-betul. Karena itu yang paling penting.


Bila penggunaan GMail sudah selesai, jangan lupa untuk log-out dari akun email sobat. Caranya dengan klik tulisan alamat email yang ada di pojok kanan atas, lalu klik "Keluar"

Log-out ini sangat penting untuk menjaga email agar jangan diacak-acak orang lain yang menemukan email sobat belum dilog-out.

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan email. Kita bisa berkirim pesan bahkan ke seluruh dunia dengan tarif internet. Sangat hemat jika dibandingkan dengan sms dan kirim surat lewat kantor post. Lagipula harga akses internet semakin murah seiring perkembangan teknologi. Email juga banyak digunakan untuk mendaftar layanan-layanan online tertentu seperti facebook, twitter, situs-situs bisnis, dan lain sebagainya.

Banyak para newbie begitu meremehkan pentingnya email. Kebanyakan mereka bikin email sekedar untuk daftar facebook. Selanjutnya bila suatu ketika facebooknya butuh verifikasi email dan ternyata password emailnya lupa maka email gak bisa dibuka,, ya jadi repot sendiri dech.

Yach, yang terpenting sobat bisa jaga email baik-baik dan memanfaatkan email baik-baik. Semoga bisa menuai hasil yang baik-baik. Selamat menikmati aneka kenikmatan dalam dunia online dengan menggunakan email.


2 comments:

gavee said...

Gmail lebih aman dengan 2 verifikasi, selain password juga kode verifikasi lewat sms ke ponsel kita ketika login, salam.

online internet - admin said...

betul sob,, makasieh utk masukan tambahanny,, sipp ..^_^..

Post a Comment